Friday, October 14, 2011

BERAPA LAMA ANDA MENYUSUN NASKAH SAMBUTAN?

Ya, berapa lamakah anda menyusun naskah sambutan atau pidato? Banyak orang harus meluangkan waktu beberapa hari untuk menyiapkan sambutan. Ada pula yang cukup 1-2 jam. Lamanya menyusun naskah tergantung pada:
1. Bahan untuk menyusun naskah.
2. Angle atau sudut pandang dalam menyusun naskah.
3. Kepandaian anda mengolah materi untuk disusun menjadi naskah sambutan/pidato.
4. waktu yang tersedia. Biasanya semakin terdesak waktunya semakin cepat anda menyusun.
Saya biasanya menyusun naskah sambutan ketua panitia cukup 1-2 jam, jika bahannya sudah siap. Untuk menyusun naskah sambutan panitia yang dibutuhkan adalah rangkuman kegiatan, yang biasanya sudah tertuang dalam proposal kegiatan.  Dari proposal, tinggal ditambahkan informasi apakah realisasi kegiatan sesuai atau tidak dengan proposal.
Kadangkala kita sebagai orang yang ingin menyampaikan sambutan, ingin sekali menyampaikan banyak hal. Ingatlah, kita harus menyeleksi informasi apa saja yang layak disampaikan dalam sambutan yang waktunya hanya 10-15 menit. Terlalu banyak informasi, apalagi informasinya monoton, akan membuat sia-sia sambutan kita. Itu sebabnya kita perlu angle sambutan. Istilah angle dipakai dalam bidang jurnalistik, oleh para wartawan yang mau menulis. Wartawan mendapat informasi yang bertumpuk-tumpuk, tapi dapat memilih info apa yang ditampilkan ke pembaca. Itu karena mereka sudah menetapkan angle berita.
Demikian sekilas tips untuk anda.
Selamat berpidato.

Sunday, October 9, 2011

MENGENANG PIDATO STEVE JOBS tentang kewirausahaan, kesuksesan kesehatannya

STAY HUNGRY – STAY FOOLISH
Diperuntukkan bagi teman-teman yang masih belum yakin dalam memilih jalan hidupnya. Sebuah pidato memikat dari Steve Jobs (pendiri Apple dan Pixar) dalam acara Wisuda Universitas Stanford angkatan 2005.
Hope reminds us about the important to follow our heart , ‘You’ve got to find what you love,’ Jobs says

Saya merasa terhormat bersama kalian hari ini dalam acara wisuda salah satu universitas terbaik di dunia. Saya tidak pernah diwisuda. Sejujurnya saya katakan, saat ini merupakan saat-saat terdekat saya pada sebuah acara wisuda. Hari ini saya ingin menceritakan kepada kalian 3 cerita pendek hidup saya. Hanya itu. Biasa-biasa saja. Hanya 3 cerita.


Tuesday, October 4, 2011

Tips Sukses Sambutan Ketua Panitia


Seringkali sambutan ketua panitia hanya didengar oleh 2 baris paling depan. Selebihnya berbicara sendiri atau peserta membaca materi seminar.

Berikut ini Tips sukses untuk ketua Panitia agar peserta memperhatikan semua yang disampaikan panitia:

1.   Tersenyum dan memandang semua sudut ruangan. Akan ada energi positif dimana peserta akan ikut memperhatikan.
2.   Setiap menyebut seorang tokoh, sekaligus memandang dengan ramah.
3.   Jika tidak ada tepuk tangan, sebaiknya peserta diminta tepuk tangan. Misalnya ada peserta yang paling jauh.  Misalnya “mari kita tepuk tangan untuk peserta paling jauh dari Jayapura”
4.   Ketua panitia pada prinsipnya menyampaikan background singkat, selebihnya menyampaikan hal-hal teknis menyangkut pelaksanaan seminar. Misalkan seminar ini akan berlangsung secara berkesinambungan, sebaiknya disebutkan, sehingga tercipta image seminar ini professional.
5.   Menyebut nama pendukung baik lembaga maupun sponsor biasanya akan memberikan image yang bagus juga bagi penyelenggara.
6.   Jika ditengah-tengah sambutan ada pejabat atau tokoh penting atau peserta yang baru dating, sebut saja “ selamat dating prof…., silakan di depan masih ada tempat prof”.  baiklah, kami lanjutkan.
7.   Menutup sambutan dengan senyum dan semangat.

Salam sukses



Sunday, October 2, 2011

SAMBUTAN KETUA PANITIA HALAL BIHALAL

Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang kami hormati,
Hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada kita semua, sehinggga pada malam yang berbahagia ini kita masih bisa diberi kenikmatan, sehingga kita semua yang hadir disini dapat bertemu bersilaturahmi, khususnya dalam acara halal bihalal, dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri yang berbahagia ini.
Hadirin dan hadirat yang berbahagia.
Saya atas nama Ketua Panitia halal bihalal, sudah sepantasnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin, yang dengan penuh keikhlasan telah sudi meluangkan waktu untuk menghadiri acara Halal bihalal ini, dengan penuh kesadaran, menghariri undangan yang telah kami sebarkan.

SAMBUTAN KETUA PANITIA SEMINAR NASIONAL

Assalamualaikum  ww.
Selamat pagi
Salam sejahtera untuk kita semua

Bapak Ibu dan Hadirin Yang terhormat:

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, dimana kita dapat bersama-sama meluangkan waktu dan meringankan langkah untuk hadir dalam seminar nasional hari ini dengan tema:

"PERAN PSIKOLOGI DALAM BOUNDARYLESS ORGANIZATION”
 
Bapak, Ibu dan hadirin yang berbahagia,

Akhir-akhir ini konsep boundaryless organization makin populer di kalangan praktisi SDM. Perusahaan modern saat ini dituntut tidak lagi menerapkan job description yang kaku dan berorientasi pada pekerjaan tertentu melainkan lebih memberikan prioritas pada KSA (Knowledge-Skill-Attitude) tiap-tiap kegiatan yang didapatkan melalui analisis jabatan. Melalui sistem yang berbasis KSA ini perusahaan akan lebih mudah untuk mengidentifikasi karyawan yang paling sesuai dalam proses rekrutmen.
Dengan menerapkan konsep ini, terbukti karyawan akan merasa dihargai meski tidak berada pada posisi yang tinggi, karena mereka dihargai berdasarkan kompetensinya (KSA).
Namun untuk bisa menjalankan konsep ini secara optimal, perusahaan juga harus berani untuk melakukan perubahan-perubahan struktural baik vertikal maupun horisontal. Banyak aspek yang perlu didiskusikan dan dikaji dalam menerapkan konsep ini. Para akademisi, maupun para praktisi SDM saat ini perlu mendalami konsep boundaryless organization secara utuh agar dapat mengimplementasikannya dengan sebaik-baiknya di lingkungan kerja.
Atas dasar itulah kami berinisiatif menyelenggarakan seminar nasional dengan tema:
“PERAN PSIKOLOGI DALAM BOUNDARYLESS ORGANIZATION ;

Kegiatan berskala nasional ini meliputi tiga bagian, yaitu:
1)   Seminar Nasional akan dilaksanakan pada Hari Jumat
2)   Talent Training pada Hari Jumat, dengan materi pelatihan Talent Strength Finder
3)   Presentasi Call for Paper, pada Hari Sabtu

Saturday, October 1, 2011

Contoh Sambutan Ketua Panitia


Assalamualaikum  ww.
Salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat:
Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh Prabowo Respatiyo Caturroso, MM, PhD, dalam hal ini diwakili oleh Direktur Kesehatan Drh Pujiatmoko PhD
Kepala Balai Besar Veteriner Dr Drh Hardiman
Ketua Umum GPPU Drs Krissantono, atau yang mewakili
Ketua Umum GPMT Drh FX Soedirman
Ketua Umum Pinsar Drh Hartono
Ketua Umum GOPAN Ir Tri Hardiyanto
Dekan FKH IPB Dr Drh I Wayan Teguh Wibawan
Dekan Fapet IPB Dr. Ir. Lucky Abdulah MSc PhD
Dekan Fapet Unpad Dr. Ir. Iwan Setiawan DEA

Pembicara seminar :
Prof. Dr. Drh. Chrales Rangga Tabbu MSc
Prof Dr Drh Soeripto
Drs Tony Unandar MS

Moderator seminar : Drh. Widiyanto Dwi Surya PhD

Kami selaku Ketua Panitia Seminar, menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dimana kita dapat bersama-sama berkumpul dalam acara Seminar Nasional Panyakit Unggas  dengan tema Ancaman Penyakit Unggas di Tengah Gejolak Cuaca Ekstrim.

Tema ini kami tetapkan dengan latar belakang situasi tahun 2010 dimana sepanjang tahun tidak terjadi musim kemarau dan para pakar menyebut sebagai kondisi penyimpangan cuaca yang paling ekstrim di Indonesia.

Gejolak cuaca ekstrim telah berdampak ke hampir semua lini kehidupan, tak terkecuali bidang peternakan dan kesehatan hewan. Harga bahan baku pakan diperkirakan akan terus meningkat sehingga harga pakan juga diperkirakan akan mengiringinya.  Penyakit hewan akan menjadi ancaman tersendiri yang perlu diantisipasi dengan baik oleh kalangan pelaku budidaya unggas dan pembibitan unggas.

Menghadapi kenyataan dan kemungkinan buruk tersebut di atas, diperlukan langkah antisipasi di lingkungan peternakan. Antara lain untuk meningkatkan manajemen farm, manajemen kesehatan unggas dan lingkungan farm, meningkatkan biosekuriti unggas.

Untuk mengulas masalah tersebut dalam seminar ini kami mengundang pakar yang kompeten yaitu Prof. Dr. Drh. Chrales Rangga Tabbu MSc, Prof Dr Drh Soeripto, dan Drs Tony Unandar MS sekalu pembicara dan anggota Dewan Pakar ASOHI Drh Widiyanto Dwi Surya Msc PhD selaku moderator.

Seminar nasional penyakit unggas direncanakan akan diselenggarakan secara rutin setahun sekali sehingga apa yang dihasilkan dari seminar ini dapat dievaluasi pada seminar tahun depan, dan dapat menjadi referensi penting bagi peternak, breeding farm maupun pihak lain yang terkait dengan kesehatan unggas.