Shopping Cart Details


Order Details Amount
GRAND TOTAL:

Please choose a checkout option.
No personal data required.

Send in Orders

It's Quick & Easy! Details here will not be published.

Please include messages to us here.

Checkout

Full name

Town or city

Phone #1

E-mail address

Popular Posts

BERAPA LAMA ANDA MENYUSUN NASKAH SAMBUTAN?

  

Ya, berapa lamakah anda menyusun naskah sambutan atau pidato? Banyak orang harus meluangkan waktu beberapa hari untuk menyiapkan sambutan. Ada pula yang cukup 1-2 jam. Lamanya menyusun naskah tergantung pada:
1. Bahan untuk menyusun naskah.
2. Angle atau sudut pandang dalam menyusun naskah.
3. Kepandaian anda mengolah materi untuk disusun menjadi naskah sambutan/pidato.
4. waktu yang tersedia. Biasanya semakin terdesak waktunya semakin cepat anda menyusun.
Saya biasanya menyusun naskah sambutan ketua panitia cukup 1-2 jam, jika bahannya sudah siap. Untuk menyusun naskah sambutan panitia yang dibutuhkan adalah rangkuman kegiatan, yang biasanya sudah tertuang dalam proposal kegiatan.  Dari proposal, tinggal ditambahkan informasi apakah realisasi kegiatan sesuai atau tidak dengan proposal.
Kadangkala kita sebagai orang yang ingin menyampaikan sambutan, ingin sekali menyampaikan banyak hal. Ingatlah, kita harus menyeleksi informasi apa saja yang layak disampaikan dalam sambutan yang waktunya hanya 10-15 menit. Terlalu banyak informasi, apalagi informasinya monoton, akan membuat sia-sia sambutan kita. Itu sebabnya kita perlu angle sambutan. Istilah angle dipakai dalam bidang jurnalistik, oleh para wartawan yang mau menulis. Wartawan mendapat informasi yang bertumpuk-tumpuk, tapi dapat memilih info apa yang ditampilkan ke pembaca. Itu karena mereka sudah menetapkan angle berita.
Demikian sekilas tips untuk anda.
Selamat berpidato.

1 komentar